Sunday, January 31, 2016

Pernahkah anda dikhianati oleh data yg anda miliki?



Suatu saat anda memiliki data yang luar biasa lengkap dan komprehensif. Atas dasar data tersebut, anda datang ke sebuah perusahaan untuk presentasi. Tapi apa daya, ternyata anda disambut dengan sangat tidak ramah. Bahkan dilecehkan. Siapa yang mau anda salahkan? Pembuat data? Kesiapan diri? Atau apa yang akan anda antisipasi di masa datang?

Atas beberapa informasi yang berhasil dihimpun, seorang lelaki beserta beberapa rekannya pergi menuju suatu komunitas untuk memberikan suatu pelajaran baru tentang hidup yang lebih baik. Data yang dikumpulkan menyebutkan bahwa komunitas tersebut adalah orang2 yang berfikiran positif dan terbuka. Orang2 yang mampu menerima informasi untuk kemudian mencernanya dan akhirnya memutuskan menerima ataukah menolak dg cara yang baik.

Tapi apa yang terjadi kemudian sangat bertolak belakang. Sebelum sempat menyampaikan ide tentang hidup yang lebih baik, mereka tiba2 dicaci maki oleh komunitas tersebut. Dan bahkan diusir sebelum sempat ada proses tanya jawab.

Kejadian ini terjadi hanya karena komunitas tersebut mendengar isu2/gosip tentang lelaki yang memiliki ide mulia.

Siapakah lelaki itu? Dialah Muhammad SAW, sang Rasul  اَللّهُ yang mulia. Ini terjadi saat Beliau diusir dari negeri Thaif. Padahal selama ini Thaif dikenal sbg negeri yang berpikiran positif. Hanya saja kaum kafir berhasil memprovokasi agar tidak berpikir positif. Masyarakat yang terbiasa berfikir positif saja bisa diprovokasi, apalagi masyakarat pada umumnya?

Malaikat pun mendekatinya sambil menawarkan bantuan. Yaa Rasulullah... jika engkau kehendaki, aku bisa membalikkan bukit ini kepada penduduk Thaif.

Apa jawaban sang Rasul? Beliau justru melarang dengan mengemukakan alasan bahwa penduduk Thaif melakukan anarki hanya karena mereka belum tahu tentang Islam.

Dan memang beberapa tahun kemudian penduduk Thaif berbondong2 mengunjungi Rasulullah untuk menyatakan diri memeluk agama Islam.

Subhanallah... Apa jadinya kalau kejadian itu menimpa kita?

Hikmah yang bisa kita ambil antara lain:
1.                      Jagalah hati utk tetap bersih dan berpikir positif
2.                      Tidak mudah diprovokasi tanpa alasan yang jelas
3.                      Berhati besar dan pantang menyerah
4.                      Periksa kembali data yang kita miliki

Selesai

No comments: