Saturday, March 29, 2008

Perlu Sosialisasi Gencar

Sabtu kemarin, saya berkunjung ke 2 pengusaha. Keduanya merupakan nasabah prioritas di beberapa bank, baik domestik maupun internasional. Pengusaha pertama adalah pengusaha Cina. Dari ceritanya, ia memiliki rekening di beberapa bank konvesional. Bank pilihan utamanya adalah BCA. Alasannya adalah kemudahan dan kecepatan transaksi. Tentang bank syariah, ia tidak banyak tahu, karena banyak istilah yang tidak dimengerti. Setelah saya berikan penjelasan, ia menyatakan bersedia asalkan bisa mengakomodasi kebutuhan transaksi bisnisnya.

Pengusaha satunya lagi adalah pengusaha pribumi muslim. Ia hanya bertransaksi di bank dimana mitra bisnisnya berbank. Ironisnya, tidak ada satu pun yang syariah. Karena sudah berusia sepuh, ia tidak ambil pusing tentang bank syariah yang penting bisnisnya berjalan. Setelah saya tanya lebih lanjut, ia memang belum tahu banyak tentang operasional bank syariah. Dan akhirnya ia bersedia menjadi nasabah bank syariah.

Hikmah yang saya peroleh dari perjalanan kemarin adalah bank syariah perlu banyak melakukan sosialisasi kepada para masyarakat. Selain itu perlu dipertimbangkan untuk menggunakan istilah-istilah yang lebih "dekat" dengan masyarakat. Meskipun tetap perlu melakukan sosialisasi istilah islam.

Contoh:
Murabahah - bisa diganti menjadi Pembiayaan Jual Beli
Musyarakah - Pembiayaan Bagi Hasil
Ijarah - Pembiayaan Sewa
Dll.

Semoga bank syariah lebih cepat dikenal....

No comments: