Monday, December 21, 2015

ANALISA KREDIT




A.      Analisa

1.       Aspek Manajemen
a.       Karakter manajemen
b.      Bank checking dan daftar Black List
c.       Identifikasi pesaing
d.      Trade checking
e.      Orientasi manajemen
f.        Latar belakang/pengalaman manajemen

2.       Aspek Pemasaran
a.       Target market
b.      Strategi penjualan
c.       Analisa Porter; Analisa Porter digunakan untuk melakukan analisa pemasaran, estimasi pangsa pasar dan kemampuan nasabah menjual produk. Analisa porter meliputi:
i.         Potensi pendatang baru
ii.       Ancaman produk pengganti
iii.      Kekuatan tawar pembeli
iv.     Kekuatan tawar supplier
v.       Persaingan

3 kategori strategi sesuai analisa Porter:
i.         Strategi fokus pada segmen tertentu
ii.       Strategi differensiasi
iii.      Strategi cost leadership

3.       Aspek Teknik
a.       Investasi yang diperlukan
b.      Kapasitas produksi
c.       Biaya produksi

4.       Aspek Keuangan
a.       Rasio likuiditas, untuk mengukur tingkat likuiditas perusahaan
i.         Current ratio

Aktiva Lancar
Current Ratio     =             ----------------
                                                        Pasiva Lancar


ii.       Cash ratio

Kas + Surat Berharga
Cash Ratio          =             -------------------------
                                                        Pasiva Lancar

b.      Rasio leverage, untuk mengukur seberapa jauh aktiva dibiayai dari hutang
i.         Debt ratio

Total Hutang
Debt Ratio           =             ---------------
                                                        Total Aset

ii.       DER (Debt to Equity Ratio)

Total Hutang
DER                        =             ---------------
                                                        Total Modal

c.       Rasio aktifitas, untuk mengukur efektifitas perusahaan dalam mengelola sumber keuangan
i.         INTO (Inventory Turn Over)

HPP (Harga Pokok Penjualan)
INTO                      =             -----------------------------------
                                                        Inventory (persediaan)

ii.       ARTO (Account Receivable Turn Over)

Sales (penjualan)
ARTO                     =             -------------------------
                                                        Receivable (piutang)

iii.      TATO (Total Asset Turn Over)

Sales (penjualan)
ARTO                     =             ---------------------
                                                        Total Aset

iv.     WCTO (Working Capital Turn Over)

Sales (penjualan)
WCTO                   =             ---------------------------------------
                                                        Current Aset – Current Liabilities




d.      Rasio profitablitas, untuk mengukur tingkat return
i.         PM (Profit Margin Ratio)

Net profit after tax
PM                         =             -----------------------
                                                        Sales (penjualan)

ii.       ROA (Return On Asset)

Net profit after tax
ROA                       =             -----------------------
                                                        Total Asset

iii.      ROE (Return On Equity)

Net profit after tax
ROE                        =             -----------------------
                                                        Modal

e.      Analisa DuPont
i.         Analisa dupont melihat perubahan kinerja keuangan selama 2 periode dan dibandingkan dengan kinerja perusahaan/industri sejenis
ii.       Analisa dupont melakukan analisa terhadap seluruh unsur data keuangan. Analisa dimulai dengan melihat ROE. Penyebab perubahan ROE adalah karena perubahan ROA. Perubahan ROA adalah akibat perubahan profit margin dan/atau TATO. Perubahan TATO adalah karena perubahan INTO dan/atau ARTO. Perubahan profit margin adalah akibat perubahan penjualan dan/atau biaya. Dengan cara ini, analis dapat mengetahui masalah yang terjadi dengan debitur, dan dapat meminta penjelasan tentang cara mengatasinya.

No comments: